TEMA 2 (Subtema 1 pembelajaran 4 - 6)



 TEMA 2

(SUBTEMA 1  : Bermain di Lingkungan Rumah)
Pembelajaran 4 - 6

PPKN

Kompetensi Dasar:

3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

Tujuan Pembelajaran:

 1. Dengan memperhatikan video materi pembelajaran, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari -hari di rumah dengan benar.

2. Dengan memperhatikan video materi pembelajaran, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari -hari di rumah dengan benar.

3. Dengan berdiskusi bersama orang tua di rumah, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.

Materi:

Mari kita simak penjelasan materi melalui video berikut ini!



KESIMPULAN:

__________________________________________________________________________________

TUGAS

 Setelah melihat video di atas, kerjakanlah buku paket hal. 43 di buku paket . Tulislah 2 aturan yang ada dirumah kalian. Kemudian kirim melalui WA.


TEMA 2 (Subtema 1 pembelajaran 4 - 6)

 

 

TEMA 2
(SUBTEMA 1  : Bermain di Lingkungan Rumah)
Pembelajaran 4 - 6

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar:

3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan visual,dan/ atau eksplorasi lingkungan.

4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan visual.


Tujuan Pembelajaran:

 1. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dengan rinci.

2. Dengan mengamati video dibawah, siswa mampu menyebutkan isi teks pendek yang ditampilkan pada video.

3. Dengan permainan kosa kata, siswa mampu menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar.

4. Dengan melakukan pengamatan sederhana, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan menggunakan bahasa indonesia yang tepat.

Materi:

Mari kita simak penjelasan materi melalui video berikut ini!


KESIMPULAN:

Benda Padat adalah benda yang memiliki bentuk dan ukuran yang tetap. 
Contohnya: kelereng, batu, dan pensil

Benda Cair adalah benda yang memiliki ukuran yang tetap, tapi bentuknya berubah ubah sesuai wadahnya.
Contohnya: Sirup dalam botol, teh dalam gelas, air minum dalam cangkir.

Benda Gas adalah benda yang memiliki ukuran dan bentuk yang selalu berubah - ubah sesuai dengan tempat atau wadahnya.
Contohnya: udara dalam balon, udara didalam ban sepeda, dan kantong plastik yang ditiup.

__________________________________________________________________________________

TUGAS

 Setelah melihat video di atas, kerjakanlah buku paket hal. 47 di buku paket . Kemudian kirim melalui WA.


 






TEMA 2 (Subtema 1 pembelajaran 1 - 3) Bagian ke 3

 



 TEMA 2
(SUBTEMA 1  : Bermain di Lingkungan Rumah)
Pembelajaran 1 - 3


Matematika

Kompetensi Dasar:

3.4 Menelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai 100 dalam kehidupan sehari - hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai 100 dalam kehidupan sehari - hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran:

 1. Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.

2. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.

3. Dengan menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan benar.

Materi:

Mari kita simak penjelasan materi melalui video berikut ini!


KESIMPULAN:



Amatilah pula video materi diatas agar lebih memahami materi mengenai perkalian ini.

__________________________________________________________________________________

TUGAS

Setelah melihat video materi diatas, Kerjakanlah soal pada buku paket hal. 25 dan 26 mengenai perkalian. Kerjakanlah pada buku paket kalian. Kemudian kirim hasil pengerjaan melalui WA.




TEMA 2 (Subtema 1 pembelajaran 1 - 3) Bagian ke 2

 


 TEMA 2
(SUBTEMA 1  : Bermain di Lingkungan Rumah)
Pembelajaran 1 - 3


Matematika

Kompetensi Dasar:

3.4 Menelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai 100 dalam kehidupan sehari - hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai 100 dalam kehidupan sehari - hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran:

 1. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat.

Materi:

Mari kita simak penjelasan materi melalui video berikut ini!


KESIMPULAN:

Amatilah video materi diatas agar lebih memahami materi mengenai perkalian ini. 


__________________________________________________________________________________

TUGAS

Setelah melihat video materi diatas, Kerjakanlah soal pada buku paket hal. 9 dan 10 mengenai perkalian. Kerjakanlah pada buku paket kalian. Kemudian kirim hasil pengerjaan melalui WA. 



SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 6


KHALIFAH ABU BAKAR AS - SIDDIQ


Pada pelajaran ke- 2 ini kita akan mempelajari :

a. Kelahiran Abu Bakar As - Siddiq
b. Abu Bakar membantu dakwah Rasulullah
c. Kekhalifahan Abu Bakar
d. Akhir hayat khalifah Abu Bakar As -Siddiq

Silahkan anak - anak membaca buku paketnya halaman 9 sampai 13, mari kita budayakan literasi ya nak!
__________________________________________________________________________________

TUGAS

Buatlah Resume (ringkasan ) dari pembelaaran 2 bagian Kelahiran Abu Bakar As - Siddiq dan Abu Bakar membantu dakwah Rasulullah)  dengan menggunakan bahasa kalian sendiri. 
Dikerjakan pada buku tulis SKI kemudian foto dan kirim melalui WA. 
(Tulis poin - poinnya yang penting saja) 

TEMA 2 (Subtema 1 pembelajaran 1 - 3)


 TEMA 2

(SUBTEMA 1  : Bermain di Lingkungan Rumah)
Pembelajaran 1 - 3


Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar:

3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan visual,dan/ atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan visual.

Tujuan Pembelajaran:

 1. Dengan mendengarkan guru membaca teks" Bermain Perahu Kertas, Bermain Simpai,dan benda - benda disekitar kita" siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat.

2. Dengan menggunakan teks " Bermain Perahu Kertas, Bermain Simpai,dan benda - benda disekitar kita" siswa dapat membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Materi:

Mari kita simak penjelasan materi melalui video berikut ini!



__________________________________________________________________________________

TUGAS

 Setelah melihat video di atas, bacalah teks bacaan berjudul "Benda - benda di sekitar kita" hal 21menggunakan Voice Note dengan lafal dan intonasi yang tepat. Kemudian kirim melalui WA.



Food and Drinks

 


BAHASA INGGRIS KELAS 2

FOOD AND DRINKS


Kompetensi Dasar:

2. 1 Mengenal beberapa jenis makanan dan minuman

2.2 Mengucapan dan melafalkan nama - nama makanan dan minuman tersebut dengan benar

2.3 Menuliskan nama - nama makanan dan minuman dengan ejaan yang benar 


Materi:

Good morning students. Pada pertemuan sebelumnya, kita telah membahas tentang "Fruits" atau buah buahan. Sekarang mari kita pelajari materi yang baru "Food and Drinks" atau makanan dan minuman. Perhatikan video Materi Bahasa Inggris kita di bawah ini ya anak - anak.


KESIMPULAN:

Coffee       : Kopi

Ice cream  : Es krim

Peanut       : Kacang

Candy       : Permen

Bread        : Roti

Cheese      : Keju

Meat         : Daging

Ice juice    : Es jus

Rice           : Nasi

Honey        : Madu

__________________________________________________________________________________

TUGAS

Menghafalkan 10 Kosakata yang ada pada video pembelajaran diatas, dengan mengirimkan Voice Note melalui WA.